Halaman

MY


(ciptaan Anjas Noviansyah) Welcome To This Blog THANK YOU FOR VISITING THIS BLOG AND DO NOT FORGET TO SHARE THIS BLOG PAGE AND BE MY FOLLOWERS ON THIS BLOG. THANK YOU!

Hi guyssss what`s up.

Minggu, 16 Desember 2012

Hari Ini 21 Tahun Lalu Uni Soviet Bubar Setelah Kalah Perang dari Mujahidin

MOSKOW, muslimdaily.net - Pada tanggal 8 Desember 1991 atau 21 tahun lalu, penguasa Rusia, Ukraina dan Belarus sepakat membubarkan Uni Soviet pada 8 Desember 1991 dan mendirikan Persemakmuran Negara-negara Merdeka.

Uni Soviet sebagai salah satu kekuatan besar di Eropa kala itu dinyatakan resmi bubar pada 26 Desember 1991. Hak dan kewajiban negara ini kemudian dilanjutkan oleh Federasi Rusia.

Salah satu penyebab bubarnya negara Uni Soviet adalah kekalahan telak mereka dalam perang di Afghanistan pada tahun 80-an. Lebih dari 15 ribu tentara Uni Soviet tewas di Afghanistan sejak mereka mulai penjajahan di Afghanistan pada 24 Desember 1979 hingga 14 Februari 1989.

Keputusan Soviet menarik tentaranya dilakukan saat ibukota Afghanistan, Kabul, dikepung oleh 30 ribu Mujahiddin kala itu. Menurut Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, penarikan mundur ini merupakan bagian dari reformasi angkatan bersenjata negaranya yang akan memangkas lebih dari 500 ribu tentara aktif.

Selepas penarikan  mundur tentara Soviet, pemerintahan komunis Afghanistan hanya mampu bertahan selama tiga tahun. Pada tahun 1992, pasukan Mujahiddin menguasai Kabul dan menggulingkan Presiden Afghanistan, Sayid Muhammad Najibullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar