Halaman

MY


(ciptaan Anjas Noviansyah) Welcome To This Blog THANK YOU FOR VISITING THIS BLOG AND DO NOT FORGET TO SHARE THIS BLOG PAGE AND BE MY FOLLOWERS ON THIS BLOG. THANK YOU!

Hi guyssss what`s up.

Sabtu, 15 Desember 2012

Timor Leste Disarankan Tidak Jadi Anggota ASEAN

Foto: dok. ASEAN
Foto: dok. ASEAN
JAKARTA - Timor Leste diperkirakan akan terbebani secara finansial apabila terus melanjutkan niatnya menjadi anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Negara itu pun disarankan untuk mengurungkan niatnya tersebut.

Saran itu disebutkan oleh  Dekan Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam, Singapura, Barry Desker. "Saya seringkali memberikan kuliah di Timor Leste, dalam kesempatan itu saya selalu menyampaikan saran untuk mengurungkan niat menjadi anggota ASEAN," ujarnya di Jakarta, Jumat (14/12/2012).

Desker menyebutkan beberapa konsekuensi yang akan dihadapi Timor Leste bila menjadi anggota ASEAN."Bila Timor Leste menjadi anggota ASEAN, maka negara itu harus mengikuti setidaknya 1.000 pertemuan internasional setiap tahunnya. Timor Leste pun diharuskan mengadakan sekitar 100 acara internasional per tahun," ujarnya.

"Saya kira secara finansial hal itu akan terlalu membebani, secara infrastruktur pun negara itu masih kurang memadai untuk melaksanakan acara seperti itu," ujar pria yang sempat menjadi Duta Besar Singapura untuk Indonesia itu.

Berbicara dalam diskusi yang diadakan Bakrie Center Foundation, Desker menyarankan Timor Leste mengikuti jejak Swiss di Uni Eropa (UE). Swiss tidak menjadi anggota UE, namun ia membuat beberapa perjanjian dengan UE yang membuatnya juga dapat menikmati manfaat dari UE.

"Saya kira Timor Leste bisa saja mengusahakan hal yang serupa di ASEAN. Namun itu tergantung dengan kesediaan dari ASEAN juga," jelas Desker.(faj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar